Mengenal mendong sebagai salah satu bahan baku Tas Handmade DeNesia
Indonesia Handmade Bags & Home Accessories
Cart 0

Mengenal mendong sebagai salah satu bahan baku Tas Handmade DeNesia

handmade cross body bag tas anyaman mendong tas handmade mendong tas selempang tas selempang handmade

Tanaman Mendong, bahan baku tas handmade DeNesia

Artikel ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu bahan baku Tas Handmade DeNesia yaitu Mendong.

Tanaman mendong memiliki bahasa latin Fimbristylis umbellaris, tanaman ini juga dikenal dengan purun tikus. Tanaman mendong adalah jenin rerumputan yang hidup dirawa. Mendong menghasilkan bahan anyaman yang termasuk salah satu bahan baku yang digunakan untuk tas handmade DeNesia.

Yogyakarta adalah salah satu wilayah yang membudidayakan mendong. Cara penanaman mendong dilakukan sama seperti menanam padi di sawah, hanya saja sawah yang digunakan untuk menanam mendong tidak boleh terlalu berair. 

Batang tanaman mendong digunakan untuk anyaman berkualitas baik. Tanaman mendong dapat dipotong atau disabit setelah berusia 6 sampai 9 bulan. Setelah melewati proses seleksi, kemudian batang mendong dijemur, dan juga digosok atau dipipihkan tergantung kebutuhan.

Tanaman mendong saat ini banyak digunakan untuk berbagai macam kerajinan tangan, termasuk tas handmade mendong seperti tas selempang handmade DeNesia. Dan bisa juga digunakan untuk barang-barang lain seperti tikar, wadah penyimpanan, place matt, kotak tissue dll. Berikut adalah beberap contoh tas handmade mendong by DeNesia

.

.



Older Post Newer Post